Asik

Rabu, 30 November 2022

Refleksi Pembelajaran Pembuatan Rencana Aksi PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang II Tahun 2022

Refleksi Pembelajaran Pembuatan Rencana Aksi

PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang II Tahun 2022


Berdasarkan serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, maka “Refleksi Pembelajaran Pembuatan Rencana Aksi” yang dapat saya sampaikan adalah:

  1. Kegiatan apa yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Serangkaian kegiatan telah saya lalui dari kegiatan 6.a sampai dengan kegiatan 6.o. Oleh karena itu pada refleksi kali ini saya ingin menyampaikan bahwa tidak ada satupun kegiatan yang tidak terlaksana dalam pembelajaran kali ini, kegiatan sudah berjalan dengan baik.

  1. Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Kegiatan yang dilaksanakan dalam pembuatan rencana aksi adalah diskusi dan pemaparan dari setiap mahasiswa PPG mengenai perangkat yang akan digunakan. Kegiatan berlangsung dengan sangat interaktif karena mahasiswa masih mengalami banyak kesulitan dalam menyusun perangkat yang baik dan benar. Selain itu, penentuan masalah otentik sebagai topik yang akan dilaksanakan dengan model pembelajaran PBL juga sangat menguras pikiran dari setiap mahasiswa. Sehingga mahasiswa dituntut untuk bernalar kritis dan kreatif dalam menyusun rencana aksi.

Akhir dari kegiatan ini adalah tersusunnya 2 rencana aksi yang akan digunakan dalam kegiatan PPL nanti yang berisikan Modul Ajar dan/atau RPP, Lembar Aktivitas dan/atau LKPD, Bahan Ajar, Instrumen Penilaian/Asesmen dan Media Pembelajaran.

  1. Upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Semua kegiatan terlaksana  dengan baik tanpa ada kekurangan apapun, semua kendala dapat teratasi dengan kerjasama dan koordinasi dengan semua pihak yang terlibat. 

  1. Upaya apa yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Setelah selesaikan kegiatan ini, kami melanjutkan pada tahapan persiapan Komprehensif dan PPL. Untuk itu dalam persiapan komprehensif kami kembali mengulas berbagai hal yang telah dipelajari sebelumnya sebagai bahan pertimbangan jika ditanyakan kemudian. Kami juga mengoreksi jika rencana aksi yang telah dituangkan mengalami atau masih adanya kekurangan. Untuk persiapan PPL kami berusaha semaksimal mungkin untuk menyusun perangkat yang baik sebagai bahan acuan dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan. Untuk itu kami juga akan melaksanakan peer teaching sebagai persiapan untuk kegiatan PPL.

Rabu, 23 November 2022

Refleksi Pembelajaran Penentuan Solusi

Refleksi Pembelajaran  Penentuan Solusi

PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang II Tahun 2022


Berdasarkan serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, maka “Refleksi Pembelajaran  Penentuan Solusi” yang dapat saya sampaikan adalah:

  1. Kegiatan apa yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Serangkaian kegiatan telah saya lalui dari kegiatan 5.a sampai dengan kegiatan 5.i. Oleh karena itu pada refleksi kali ini saya ingin menyampaikan bahwa tidak ada satupun kegiatan yang tidak dilaksanakan dalam pembelajaran kali ini, kegiatan sudah berjalan dengan baik.

  1. Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran penentuan solusi yaitu: melakukan overview, menyimak, mencermati, mencatat hal-hal penting pada orientasi dan apersepsi pengantar materi penentu solusi dengan dosen pengampu dan anggota peserta melalui zoom meet serta melakukan diskusi mengenai cara melakukan analisis solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah dieksplorasi yang kemudian akan dituangkan ke dalam LK 2.2 untuk menjadi kesepakatan bersama.

Selanjutnya, melakukan diskusi kembali di ruang kolaborasi kembali terkait dengan materi penentu solusi untuk menentukan solusi yang relevan dan kemudian dianalisis penentuan solusi serta analisis alternatif solusi agar lebih bisa memantapkan dituangkan di LK 2.2 dalam melakukan presentasi melakukan presentasi dari hasil LK 2.2 yang telah dibuat untuk memperoleh masukan/arahan/ bimbingan terhadap hasil yang telah dibuat supaya bisa lebih baik lagi.

Pada kegiatan ini, kita kembali melakukan presentasi terkait tuangan LK 2.2 yang telah dibuat untuk memperoleh masukan/arahan/ bimbingan terhadap hasil yang telah dibuat supaya bisa lebih baik untuk diunggah Melakukan pengumpulan/pengunggahan LK 2.2 penentu solusi masalah yang sudah final melakukan refleksi terkait dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan terkait dengan penentu solusi masalah.

  1. Upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Karena kegiatan yang dilakukan semuanya terlaksana dengan baik, maka saya selanjutnya mencermati masalah-masalah yang akan diselesaikan sehingga bisa menemukan solusi yang sesuai. 

  1. Upaya apa yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Setelah selesaikan kegiatan ini, kami melanjutkan pada tahapan berikutnya yaitu membuat rencana aksi berdasarkan solusi yang telah dipilih pada LK sebelumnya. Strategi untuk berhasilnya solusi ini dengan cara menyusun perangkat yang baik dan relevan terhadap pemecahan masalah yang dihadapi. Selanjutnya kami juga berkonsultasi kepada dosen pembimbing, guru pamong, kepala sekolah dan narasumber lain yang relevan.