Asik

Sabtu, 19 November 2022

Refleksi Pembelajaran Eksplorasi Alternatif Solusi PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang II Tahun 2022

 Refleksi Pembelajaran Eksplorasi Alternatif Solusi 


PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang II Tahun 2022



Berdasarkan serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, maka “Refleksi Pembelajaran Eksplorasi Alternatif Solusi” yang dapat saya sampaikan adalah:


Kegiatan apa yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?


Serangkaian kegiatan telah saya lalui dari kegiatan 4.a sampai dengan kegiatan 4.h. Oleh karena itu pada refleksi kali ini saya ingin menyampaikan bahwa tidak ada satupun kegiatan yang tidak dilaksanakan dalam pembelajaran kali ini, serta kegiatan yang dilaksanakan berlangsung lancar tanda ada hambatan yang berarti.


Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?


Kegiatan yang saya lakukan pada kegiatan ini adalah menyelesaikan LK 2.1 yang berkaitan dengan Eksplorasi Alternatif Solusi. Dimana sebelum diunggah/di upload terlebih dahulu LK dari masing-masing peserta dipresentasikan di depan dosen dan GP. Kegiatan presentasi ini melalui Vicon yang telah disediakan oleh tim IT kampus. Kegiatan berlangsung intensif karena setiap mahasiswa saling mengutarakan pendapat terkait penyebab masalah yang didapatkan.

Dalam penyelesaian LK 2.1 ini masalah yang akan dicari alternatif solusinya sudah mengerucut menjadi 2 permasalahan utama yang diangkat. Sehingga kegiatan diskusi menjadi lebih khusus dibandingkan pada LK sebelumnya.


Pada kegiatan ini, saya lebih berfokus untuk mencari alternatif solusi terhadap masalah-masalah yang diangkat berdasarkan kajian literatur dan wawancara kepada beberapa narasumber yang relevan. Setelah mendapatkan beberapa solusi alternatif, kemudian saya melakukan analisis SWOT untuk mencari kelebihan dan kekurangan dari alternatif solusi yang diperoleh. Akhirnya untuk memperoleh solusi yang sesuai saya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai solusi.


Upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?


Karena kegiatan yang dilakukan semuanya terlaksana dengan baik, maka saya selanjutnya mencermati masalah-masalah yang akan diselesaikan sehingga bisa menemukan solusi yang sesuai. 


Upaya apa yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?


Untuk tahapan selanjutnya, saya mulai mencari dan mendalami lebih jauh mengenai alternatif solusi yang akan digunakan yaitu Problem Based Learning. Kemudian menuangkan model PBL ini kedalam perangkat pembelajaran yang akan dibuat. Saya juga tetap berusaha untuk terus membangun relasi yang baik dengan dosen dan guru pamong sebagai acuan dan bahan pertimbangan dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Selain itu, diskusi dengan rekan-rekan mahasiswa lain guna memperoleh hasil yang lebih baik terhadap alternatif solusi yang akan digunakan dalam perangkat pembelajaran.

Tidak ada komentar: