Asik

Sabtu, 05 November 2022

Refleksi Pembelajaran Pendalaman Materi pada Bagian Identifikasi Masalah PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022



Refleksi Pembelajaran Pendalaman Materi pada Bagian Identifikasi Masalah PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang II Tahun 2022


Berdasarkan serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, maka “Refleksi Pembelajaran Pendalaman Materi pada Bagian Identifikasi Masalah” yang dapat saya sampaikan adalah:

  1. Kegiatan apa yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Serangkaian kegiatan telah saya lalui dari kegiatan 1.a sampai dengan kegiatan 1.e. Oleh karena itu pada refleksi kali ini saya ingin menyampaikan bahwa tidak ada satupun kegiatan yang tidak dilaksanakan dalam pembelajaran kali ini

  1. Kegiatan apa yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Kegiatan yang telah saya laksanakan dalam kegiatan pembelajaran ini sangat banyak, dimulai dari kegiatan pendahuluan atau pembekalan dengan diberikan panduan bagaimana cara menggunakan LMS ini dalam kegiatan pembelajaran. Setelah itu saya membuat resume kegiatan belajar mandiri dari 6 modul khusus materi Profesional yang disediakan. 

Setelah menyelesaikan kegiatan belajar mandiri, barulah saya mengikuti kegiatan pembelajaran dengan didampingi/dibimbing oleh dosen dan GP melalui video conference dalam aplikasi Zoom. Kurang lebih selama tiga hari saya melaksanakan vicon dengan seluruh anggota kelas didampingi dosen dan GP.  Kegiatan vicon berlangsung interaktif karena adanya diskusi yang hangat bersama dosen dan GP terkait materi yang dibahas. Dalam setiap pertemuan juga dosen dan GP selalu memotivasi untuk selalu tetap semangat dalam mengikuti kegiatan PPG. 

Selain melaksanakan diskusi dalam vicon, saya dan peserta lainnya juga melaksanakan kegiatan diskusi, saling bertukar pendapat dan pengetahuan melalui fitur diskusi yang ada dalam LMS. Sehingga selain selama kegiatan vicon, diskusi dan mencari solusi juga dilaksanakan dalam forum diskusi dalam aplikasi LMS. Menjelang akhir kegiatan saya mengupload LK 1.1 pada LMS dan selanjutnya melanjutkan pada tahap tugas 1.g yaitu melakukan refleksi pembelajaran.

  1. Upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Alhamdulillah setiap kegiatan yang ada dalam LMS bisa saya ikuti dengan tanpa ada kendala yang besar. Semoga kedepannya tetap seperti ini dan diberi kelancaran dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan dalam tahapan selanjutnya

  1. Upaya apa yang akan dilakukan untuk keberlanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini?

Selanjutnya setelah saya melaksanakan kegiatan ini, saya akan terus berupaya untuk melaksanakan tahapan-tahapan selanjutnya dengan baik dan benar, berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan  baik secara sinkronus maupun asinkronus karena kegiatan PPG ini merupakan wanaha yang sangat besar bagi saya untuk terus mengembangkan diri sebagai guru atau pendidik. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan yang telah dilalui, saya semakin termotivasi untuk menjadi guru yang terus berinovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, dengan cara menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Tidak hanya itu, saya juga akan berusaha untuk menjadi guru yang solutif terhadap masalah-masalah belajar yang dihadapi oleh siswa agar setiap siswa dapat selalu mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna.

1 komentar:

Abrot mengatakan...

Selalu menjadi yang terbaik Pa guru💪👍🙏