Asik

Jumat, 18 April 2014

Percobaan Konsep Fisika seperti Sulap


Begitu banyak hal yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari berkaitan erat dengan konsep-konsep fisika. Bahkan tidak jarang konsep-konsep fisika ini digunakan dalam percobaan-percobaan sulap. Seperti beberapa percobaan fisika berikut ini.

Cekidot... 

1.     Koin Hilang

a.      Alat dan Bahan
1)      Koin
2)      Gelas
3)      Air
b.      Langkah-Langkah
1)      Letakkan koin di atas meja
2)      Kemudian taruh gelas di atas koin tersebut
3)      Isi gelas dengan air bening sampai penuh
4)      Tutup gelas
c.       Pertanyaan
Ketika air dimasukkan kedalam gelas apakah koin masih terlihat atau tidak?
d.      Jawaban
Tidak
e.      Konsep
Untuk dapat melihat benda harus ada cahaya yang mengenainya dan cahaya tersebut dipantulkan lagi ke mata kita. Gelas adalah benda bening sehingga meneruskan hampir seluruh cahaya yang diterimanya. Oleh karena itu koin kelihatan. Air juga benda bening, akan tetapi koin tidak kelihatan,Ini membuktikan kepada kita bahwa cahaya yang datang dan melewati dinding gelas berisi air mengalami perubahan arah atau pembelokan atau pembiasan. Akibatnya cahaya tidak lagi jatuh ke dasar gelas, sehingga koin menjadi tidak terlihat

2.     Logam Berubah Bentuk

a.      Prosedur Percobaan
Letakan tiga mata uang berderet di meja; yang dua bersentuhan, yang satu agak berjarak. Tekan sekuat tenaga mata uang yang tengah dan sentillah mata uang yang tepisah sehingga menumbuk mata uang yang tengah.
b.      Pertanyaan
Apa yang akan terjadi? Dan mengapa terjadi demikian???
c.       Jawab
Mata uang yang ketiga akan terpental, walaupun yang ditengah tidak berubah tempat.
d.      Alasannya
Benda padat sedikit banyak memiliki sifat elastisitas., ini terbukti dari baja misalnya jika dijadikan pegas. Dalam percobaan ini tanpa kelihatan karena cepatnya, mata uang yang ditengah terpadatkan dan kemudian memuai kearah yang berlawanan, sebelum kembali ke bentuk asal. Karena kekenyalan logam itu, tumbukan disalurkan ( diteruskan).
e.      Catatan: jika uang logam yang ditumbuk tidak ditekan maka kelajuan uang logam yang berada pada posisi ketiga akan lebih kecil, hal ini terjadi karena setelah tumbukan logam pertama dan kedua menyatu/massanya satu (tumbukan tidak lenting sama sekali) sehingga kelajuannya lebih kecil karena momentumnya tetap.

3.     Gunung Air

a.      Alat dan bahan
1)      Gelas
2)      Air
3)      Uang logam
b.      Langkah kerja
Isilah gelas yang kering dengan air sampai bibirnya tanpa ada yang meluap
c.       Pertanyaan
Apakah yang tarjadi pada permukaaan airnya jika diluncurkan uang logam satu demi satu ke dalam gelas itu?
d.      Pembahasan
Saat uang logam di masukkan ke dalam gelas maka air tidak akan meluap, terbentuklah gunung air. Yang menyebabkan ini adalah tegangan permukaan yang disebabkan daya tarik antar molekul (kohesi).

Selamat mencoba, semoga bermanfaat !!!

Sumber: Pengalaman dalam pembelajaran

Tidak ada komentar: