Asik

Jumat, 18 April 2014

Soal Fisika Jawaban Singkat Bagian 2

Kemarin sudah kan jawaban materi fisika bagian pertama? 
Kalau begitu, pasti penasaran dengan bagian keduanya buka?
Berikut adalah soal-soal dengan jawaban singkat bagian kedua.

27.  Lensa objektif sebuah mikroskop membentuk bayangan sebuah benda, yang oleh lensa okuler lalu diperbesar. Sifat bayangan akhir oleh lensa-lensa tadi adalah ….. (maya, terbalik, diperbesar)
28.    Kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu benda bergantung pada ….. (massa benda, jenis benda dan kenaikan suhu)
29.    Jumlah kalor yang dipancarkan oleh sebuah benda suhunya lebih besar dari 0 K, berbanding lurus ….. (luas permukaan benda)
30. Sebuah pernyataan, “perubahan medan listrik menimbulkan medan magnet”. Pernyataan tersebut berkaitan dengan hipotesa ….. (Maxwell)
31. Yang fotonya mempunyai energy terbesar dari sinar merah, sinar ungu, sinar gamma, sinar-X dan gelombang radio adalah ….. (sinar gamma)
32.    Perbedaan gelombang transversal dengan longitudinal terletak pada ….. (arah rambat)
33.    Pada pembiasan gelombang dari daerah dangkal ke daerah dalam, makin kecil sudut datang, maka ….. (makin besar sudut bias)
34.    Cahaya polikromatik yang mengenai prisma akan mengalami peristiwa ….. (dispersi)
35.    Jika amplitudonya kecil nada bunyi akan terdengar ….. (lemah)
36.    Kuat lemahnya nada/bunyi bergantung pada ….. (amplitudo)
37.    Arus listrik mengalir sepanjang kawat listrik tegangan tinggi dari Selatan ke Utara. Arah medan magnetic yang diakibatkan arus listrik di atas kawat tersebut adalah ….. (Barat)
38.  Dari pengukuran diketahui besar induksi magnetic di ujung suatu solenoid adalah 1,8 x 10-3 T. Maka besar induksi magnetic di pusat solenoid adalah ….. (3,6 x 10-3T)
39.   Jika dua kawat lurus sejajar dialiri arus listrik masing-masing I1 dan I2 (I2 =2 I1 ), maka gaya interaksi tiap satuan panjang kawat pertama adalah ….. (setengah kali gaya interaksi pada kawat kedua)
40.  Sebuah penghantar yang digerakkan dalam medan magnetic akan menghasilkan beda potensial pada ujung-ujung penghantar yang dinamakan ….. (gaya gerak listrik induksi)
41.  Pada rangkaian arus bolak yang hanya mengandung inductor murni, maka antara arus dan tegangan berlaku ….. (V mendahului I sebesar )
42.  Cepat rambat gelombang transversal dalam dawai dapat diperbesar dengan cara ….. (memperbesar tegangan dalam dawai)
43.    Dua buah muatan listrik saling menolak dengan gaya F pada jarak tertentu. Jika jaraknya dijadikan dua kali semula, gaya tolaknya menjadi ….. (seperempat F)
44.  Besar gaya magnet pada seutas kawat lurus berarus listrik tidak dipengaruhi oleh ….. (hambatan kawat)
45.  Sebuah kawat lentur kedua ujungnya disambungkan dan diletakkan di atas meja yang berada dalam medan magnet seragam dengan arah tegak lurus permukaan meja. Semula, kawat membentuk bidang tidak beraturan. Jika kawat tersebut dialiri arus listrik, bidang yang dibentuk kawat menjadi ….. (lingkaran)
46.    Menurut Faraday, GGL induksi pada kumparan adalah ….. (sebanding dengan laju perubahan fluks magnet)
47.  Agar GGL maksimum yang dihasilkan generator menjadi dua kali semula maka frekuensi putarannya dijadikan ….. (setengah kali semula)
48.    Efisiensi sebuah transformator adalah 60%, artinya daya pada kumparan primer berbanding daya pada kumparan sekunder ….. (5 :3)
49.  Sebuah ampermeter AC mengukur arus listrik dalam rangkaian. Jarum amperemeter menunjukkan angka 5 A. hal tersebut menunjukkan bahwa arus efektifnya….. (5 A)
50.    Warna biru langit terjadi karena cahaya Matahari mengalami ….. (hamburan)
51.    Laju energi yang dipancarkan oleh benda bersuhu mutlak K sebanding dengan ….. (K4)
52.    Menurut Ritherford, sebagian massa atom terpusat pada ….. (inti atom)
53.    Sebuah atom ada pada keadaan dasar apabila elektronnya ….. (ada pada tingkat energi terendah)
54.    Proton-proton dalam inti tetap bergabung karena adanya ….. (gaya inti)
55.    Suatu inti memancarkan partikel beta. Dalam inti ini terjadi ….. (perubahan neutron menjadi proton)
56.  Pada saat menggunakan lup agar bayangan yang dibentuk oleh lup tepat jatuh dititik jauh mata maka benda harus diletakkan di ….. (tepat di fokus lensa)
57.    Bayangan yang dibentuk lensa obyektif mikroskop adalah ….. (nyata, terbalik, diperbesar)


Semoga bermanfaat,,,
:-)

Tidak ada komentar: